top of page

Kontraktor Pameran

Dengan Perkembangan dunia MICE : Meeting,Incentive,Convention,Exhibiton (Pertemuan,Insentif,Konvensi,dan Pameran) dewasa ini di Indonesia, membuat semakin menjamur nya usaha bisnis di bidang Mice tersebut di negara ini. Para pelaku pasar sering juga mengistilahkan Dunia Mice ini dengan istilah "Meeting Industry".

Industry Mice juga di golongkan ke dalam jenis kegiatan pariwisata, MICE sebagai bagian dari industri pariwisata semakin berperan dalam industri pariwisata kawasan Asia dan Pasific, termasuk Indonesia yang dinilai sebagai kawasan yang pesat pertumbuhan industri MICE nya dan memiliki potensi besar untuk terus berkembang.

Mice di Indonesia juga memiliki andil penting dalam usaha menyukseskan kegiatan-kegiatan usaha dalam hal percepatan pengenalan produk, dan saluran distirbusi produk sebuah perusahaan kepada masyarakat. Hubungan interaksi langsung antar konsumen dan produsen biasa nya dapat kita jumpai juga di dalam sebuah pameran (exhibition) yang di gelar untuk usaha pengenalan produk produsen kepada konsumen.

sebagai contoh dalam industri otomotif kita mengenal beberapa pameran otomotif seperti di Jepang dengan "Tokyo Motor Show", Jerman dengan "Frankfurt Motor Show", Indonesia dengan "Indonesia Motor show" adalah merupakan salah satu contoh bentuk kegiatan promosi perusahaan yang di kemas dalam bentuk pameran (exhibition).

Indonesia Motor Show

Dunia pameran (exhibition) tersebut juga tidak terlepas dari peran penting para pelaku bisnis dan industri Mice dalam menjalankan dan mengembangkan aktivitas pameran di Indonesia. Pihak-pihak yang terkait tersebut antara lain: Professional Exhibition Organizer (PEO),Event Organizer,Hall Owner, kontraktor pameran, Pekerja musiman dan pihak terkait lain nya yang masih banyak lagi yang termasuk dalam stakeholder sebuah pameran.

Salah satu pihak yang ikut berperan aktif dalam menyukseskan sebuah pameran (exhibition) adalah Kontraktor Pameran, sebagai pemberi jasa dalam menjembatani antara kebutuhan dan keinginan klien untuk di realisasikan menjadi sebuah wadah pameran dalam memperkenalkan produk atau jasa produsen kepada konsumen nya.

Peran Kontraktor pameran memiliki peran yang cukup penting hal mengatur dan mendesign input dan output pameran yang di inginkan perusahaan. Salah satu bentuk nya adalah dengan merancang dan memproses tampilan atau kemasan booth pameran atau stand pameran yang akan di tempati oleh perusahaan dalam mempromosi kan produk dan jasa mereka.

Dalam sebuah pameran perusahaan biasa nya akan berhubungan dengan penyelenggara pameran terlebih dahulu sebelum mengikuti nya atau yang di kenal dengan istilah Professional Exhibition Organizer (PEO) sebagai penyelenggara yang mewadahi sebuah pameran yang merancang dan membuat sebuah tema pameran dan tujuan pameran tertentu Misalnya: pameran Perumahan, Pameran seni, Pameran motor show, pameran handy craft,dan lain-lain. banyak sekali Professional Exhibition Organizer (PEO) yang telah menciptakan ide-ide segar untuk membuat sebuah pameran yang unik dan berbeda dari yang lain nya.

Dari sanalah perusahaan kemudian dapat menentukan event pameran seperti apakah dan bagaimanakah yang akan mereka ikuti nantinya yang sesuai dengan kebutuhan promosi perusahaan.

Setelah Perusahaan menentukan pameran apa yang akan mereka ikuti maka selanjut nya perusahaan tentu nya membutuhkan beberapa vendor yang dapat di ajak bekerjasama untuk pembuatan booth pameran atau stand pameran untuk perusahaan.

vendor-vendor tersebut antara lain: pihak dekorasi, percetakan, florist, rental televisi atau LED, kontraktor pameran dan lain-lain.

Khusus untuk masalah pembuatan booth stand, perusahaan biasanya membutuhkan jasa kontraktor pameran untuk pembuatan booth pameran mereka. Tugas dan tanggung jawab kontraktor pameran adalah memastikan bahwa ide dan tujuan perusahaan dalam memasarkan produk nya dapat di tangkap dan di terima dengan baik oleh konsumen, dan harus bisa menciptakan suasana booth yang menarik agar konsumen tertarik untuk berkunjung dan singgah di booth pameran perusahaan.

Tugas kontraktor pameran adalah memberikan jasa pembuatan booth, atau jasa penyewaan booth pameran kepada perusahaan dengan memberikan layanan design,konsultasi dan installasi pembangunan booth sampai dengan proses bongkar pasang.

Sewa Booth Pameran
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page